Bekal Penting Sebelum Menjadi Blogger

KiatJitu.com - Saat berpikir akan menjadi blogger, lalu membayangkan blogging merupakan kegiatan yang mudah, dimana anda hanya perlu mengetik, membaca ulang konten yang dibuat, lalu menekan tombol publish, seketika pengunjung blog anda menyukai konten yang anda buat, lalu tidak disangka anda menjadi terkenal. Namun kenyataannya bukanlah seperti itu, dan jauh lebih sulit daripada yang dibayangkan.
MEMBUAT EMAIL DARI GMAIL DENGAN MUDAH DAN PRAKTIS
menjadi blogger dengan mudah www.kiatjitu.com

Blogging bukanlah hal yang mudah dilakukan, semua hal memerlukan kerja keras untuk dapat menggapai kesuksesan. Dibawah ini beberapa syarat untuk menjadi blogger yang sukses.
CARA MEMBUAT BLOG BAGI PARA PEMULA (NEWBIE)

1. Serius

Melakukan kegiatan depan komputer bukanlah hal yang mudah. Anda akan dengat sangat mudah dapat terdistraksi. Membuka media sosial, melihat foto teman – teman, lalu membuka twitter, setelah itu mengetik Instagram di address bar, lalu melihat smartphone anda apakah ada seseorang yang menghubungi anda dan tidak terasa ternyata banyak waktu yang telah terbuang. Saat anda ingin menjadi blogger, anda harus serius dan tidak mudah untuk terdistraksi. Untuk memudahkan anda, cobalah untuk membuat target harian untuk blog anda terkait hal yang harus anda lakukan.


2. Passion

Passion atau ketertarikan adalah hal yang memberikan anda dorongan untuk terus menulis dan mengembangkan blog anda. Saat anda memiliki passion, secara tidak langsung anda akan melakukan hal yang anda sukai. Maka dari itu carilah topik blog yang sesuai dengan passion anda.


3. Takut Mengeluarkan Uang

Saat anda ingin membuat blog, anda akan mengeluarkan uang untuk domain, hosting, wordpress theme, atau bahkan e-book membuat blogger yang baik. Setelah melihat kebelakang, ternyata cukup banyak yang dikeluarkan untuk membangun sebuah blog. Anggaplah ini sebagai investasi anda, dan siapa tahu bila anda mengeluarkan uang ini, akan membuat anda lebih termotivasi untuk mengerahkan waktu dan tenaga anda untuk membangun blog anda.
10 Kelebihan Google Plus dibanding Facebook dan Twitter

4. Mengharapkan Penghasilan dari Awal

Salah satu blogging menjadi tren adalah karena blogging dapat menghasilkan uang. Bila orientasi anda adalah uang dari awal, maka anda bisa saja melupakan untuk membuat konten yang berkualitas sehingga menyebabkan jumlah pengunjung anda sedikit – hal ini berdampak buruk terhadap penghasilan anda dari blogging nantinya. Fokuslah pada konten blog anda terlebih dahulu, bila anda merasa blog anda sudah ‘matang’, gunakanlah semua senjata anda untuk mendapatkan keuntungan dari blog anda.


5. Perencanaan

Ada semboyan yang mengatakan “sedia senjata sebelum berperang”. Begitu juga dengan blogging, anda harus menyiapkan semua senjata anda sebelum memasuki perang dan kerasnya dunia blogging. Rencana – rencana tersebut harus berisi paling tidak :


  • Cara – cara membuar konten yang berkualitas yang akan disukai oleh pengunjung blog anda
  • Membuat landing page yang menawan
  • Memanjakan pengunjung anda sehingga mereka akan mengunjungi kembali blog anda
  • Membuat blog anda di page rank pertama google


6. Lebih Banyak Tidak Selalu Lebih Baik

Terkadang para blogger beranggapan semakin banyak post yang mereka buat, maka semakin banyak pula pengunjung blog yang akan datang. Tentu dengan makin banyaknya post yang ada di sebuah blog secara rata – rata akan meningkatkan traffic anda, tetapi bagaimana dengan kualitas konten blog anda?

Bila blog anda dirasa memiliki kualitas yang kurang baik, tidak peduli sebanyak apapun post di blog anda, mereka pasti akan meninggalkan blog anda. Ingatlah selalu bahwa kualitas lebih penting dibanding kuantitas.


7. Berharap Kesuksesan Dalam Semalam

Carilah blog impian anda dan bayangkan apa yang mereka lakukan sehingga mereka dapat menjadi blogger yang sukses. Tentu jawabannya adalah kerja keras.

Mereka bekerja keras melakukan segala usaha dari membuat konten yang berkualitas sampai mempromosikan blog mereka sehingga berada pada page rank utama google. Kegiatan tersebut tidak dilakukan selama satu malam. Bila anda meluangkan waktu, mencurahkan semangat anda, dan pantang menyerah dalam mengembangkan blog anda, maka anda pasti bisa menjadi seperti blogger idola anda.


8. Perfeksionis

Apakah anda pernah untuk membuat sesuatu yang sangat sempurna sehingga anda mencurahkan waktu berharga anda untuk melengkapi segala hal – hal detail dan ternyata setelah anda perhatikan lebih dalam lagi, masih saja terdapat hal – hal yang menurut anda kurang dan membuat karya anda terlihat tidak sempurna?

Lihatlah kebelakang berapa waktu yang anda habiskan untuk menjadikan karya anda menjadi sempurna dimata anda. Mungkin bisa saja waktu yang anda gunakan untuk menyempurnakan karya anda, dapat digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.


9. Tingkatkan Produktivitas

Mengatur tingkat produktivitas bukanlah hal yang mudah. Akan ada dimana hari anda merasa malas dan membuat anda untuk tidak melakukan apapun dan akhirnya keesokan harinya, anda menyesal karena tidak melakukan apapun seharian. Hargailah waktu yang anda miliki karena waktu tidak dapat diulang, prioritaskan hal – hal yang lebih penting terdahulu, jauhkanlah semua pengaruh – pengaruh buruk yang mengganggu produktivitas anda, hilangkan segala distraksi, dan gunakanlah media (buku atau smartphone) untuk mengatur kegiatan keseharian anda.

VERIFIKASI TAG HTML DI WEBMASTER TOOL BAGI PEMULA
Lakukanlah hal – hal tersebut dan anda akan menjadi seseorang yang paling produktif di dunia blogging.


9. Malu Meminta Bantuan

Melibatkan seseorang dalam kegiatan pribadi mungkin anda nilai dengan merepotkan orang lain, sehingga anda memutuskan untuk melakukan segala hal secara mandiri tanpa bantuan siapapun. Namun ada saat – saat dimana anda akan membutuhkan orang lain terlibat untuk meningkatkan kualitas blog anda. Mungkin saja dengan bagaimana gaya penulisan anda bisa menjadi lebih baik, sehingga anda berkonsultasi kepada teman anda yang sudah lama menjadi penulis, meminta pendapat teman anda terkait desain blog anda sehingga anda melakukan perubahan dan hasilnya traffic anda meningkat, bisa juga meminta bantuan teman anda untuk membuatkan logo pada blog anda. Anda tidak dapat melakukan semuanya sendiri bila anda ingin memiliki kualitas blog yang baik. Teman anda pasti akan dengan senang hati membantu anda, dan meminta bantuan juga akan menghemat waktu anda, meringkankan beban anda, dan membuat anda senang karena akan membuahkan hasil yang lebih baik.


10. Tombol Publish Bukan Berarti Berakhir

Menghabiskan beberapa jam atau mungkin beberapa hari untuk membuat sebuah post, lalu menekan tombol publish, dan ternyata tidak ada yang membacanya. Konten yang berkualitas tidak cukup untuk mendatangkan pengunjung ke blog anda. Anda juga perlu mempromosikan blog anda dengan tepat sasaran. Kegiatan ini akan memakan waktu, namun akan sesuai dengan apa yang anda dapat.
MONETISASI YOUTUBE DENGAN MUDAH DAN PRAKTIS
membaca adalah jalan sukses bagi para blogger

11. Blogging Adalah Media Pembelajaran

Pembelajaran adalah hal penting. Pembelajaran membantu kita untuk tumbuh dan berkembang menjadi apa yang kita inginkan. Tentu anda akan senang kalau anda menemukan hal – hal baru saat anda mengembangkan blog anda. Selain menambah pengalaman anda, blogging juga menjadikan anda sebagai pribadi yang lebih baik.



Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments