2 Sahabat Rasulullah digigit Anjing, Ketika Mau dibunuh, Anjingnya Bisa Bicara

HADITS KE EMPAT BELAS

Jaminan Surga Bagi Sahabat Abu Bakar


عَنْ أَنَسٍ بْنِ مضالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ اِلْتَقَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَعَ جِبْرِيْلَ عَلَيْهِ السَّلَامُ فَقَالَ هَلْ عَلَى أُمَّتِي حِسَابٌ؟ فَقَالَ نَعَمْ عَلَيْهِمْ حِسَابٌ غَيْرُ أَبِي بَكْرٍ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ لَيْسَ عَلَيْهِ حِسَابٌ يُقَالُ لَهُ يَا أَبَا بَكْرٍ اُدْخُلْ الْجَنَّةَ قَالَ لَا أَدْخُلُ الْجَنَّةَ حَتَّى يَدْخُلَ مَعِي مَنْ أَحَبَّنِي فِي دَارِ الدُّنْيَا .


Dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anhu ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berjumpa dengan malaikat Jibril ‘alaihissalam, lalu beliau bertanya; “Apakah ummatku akan di hisab? Malaikat Jibril menjawab; Ya, mereka semua akan di hisab kecuali Abu Bakar radliyallahu ‘anhu yang tidak akan di hisab dan kelak akan di katakan kepadanya; Wahai Abu Bakar! Masuklah ke dalam surga. Abu Bakar menjawab; Aku tidak akan mesuk ke dalam surga sehingga orang-orang yang mencintaiku di dunia masuk bersamaku”.
Menuju Allah Dengan Menjaga Diri dari Maksiat dan Tipu Daya Dunia (Karya al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad)

HIKAYAT

Sahabat Rasulullah Digigit Anjing Karena Mencaci Maki Abu Bakar

KiatJitu.com - Dengan sanad yang muttashil kepada Anas bin Malik radliyallahu ‘anhu, ia berkata; Pada suatu hari aku duduk di samping Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba salah seorang sahabat datang menghadap kepada beliau, sementara betisnya berlumuran darah, 

lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya; Apa yang telah terjadi? 

Sahabat itu menjawab; Ketika aku berjalan, aku bertemu dengan seekor anjing si fulan yang munafiq dan tiba-tiba saja anjing itu menggigitku. 

Kemudian dia duduk di hadapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Tidak lama kemudian, datang lagi seorang shahabat yang lain yang betisnya berlumuran darah, lalu berkata; Wahai Rasulullah! Sesungguhnya ketika aku berjalan aku bertemu dengan seekor anjing si fulan yang munafiq dan tiba-tiba saja anjing itu menggigitku

Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bangkit dan bersabda; Kalian antarkan aku pada anjing tersebut hingga aku memenggalnya. 

Maka semua shahabat bangkit dan pergi dengan membawa pedang mereka masing-masing. 

Setelah sampai dan ketika mereka hendak mengayunkan pedangnya ke arah anjing tersebut, tiba-tiba anjing itu berdiri di hadapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata dengan fashih dan lancar; Janganlah engkau membunuhku, karena aku beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. 

 Beliau bersabda; Kenapa engkau menggigit dua orang laki-laki ini? 

Anjing menjawab; Wahai Raslallah! Sesungguhnya aku adalah anjing yang di perintahkan untuk menggigit orang yang mencaci maki Abu Bakar dan ‘Umar radliyallahu ‘anhuma. 
Kebaikan Sekecil Apapun Bisa Menyelamatkan Dari Api Neraka
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda; Wahai kalian berdua! Apakah kalian tidak mendengar apa yang di katakana oleh anjing ini? 

kedua shahabat tersebut berkata; Wahai Raslallah! Sesungguhnya kami berdua bertaubat kepada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya. Alhamdulillah.
2 Sahabat Rosulullah diGigit Anjing, Ketika Mau dibunuh, Anjingnya Bisa Bicara kiat jitu

Dilansir dari kitab Usfuriyah


Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments