HIKMAH KASIH SAYANG TERHADAP SEMUA

HADITS PERTAMA

Penuhi Hatimu Dengan Rasa Kasih Sayang

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُمُا  قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمْ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا مَنْ فِي الْأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِي السَّمَاءِ . (الخبر بتمامه)

Berkaitan dengan hadits ini ada sebuah hikayah dari sayyidina ‘Umar radliyallahu ‘anhu; Ketika beliau berjalan disuatu gang kota, dia melihat anak-anak kecil sedang memegang dan bermain burung pipit, maka sayyidina ‘Umar merasa kasih sayang pada burung tersebut, lantas membelinya dari anak-anak itu dan melepaskannya. 

Setelah sayyidina ‘Umar radliyallahu ‘anhu wafat, kemudia sebagian besar shahabat melihat beliau dalam tidurnya lantas bertanya; Apa yang Allah Ta’ala perbuat terhadapmu? 

Beliau menjawab; Allah Ta’ala telah mengampuni dan membebaskanku. 

Mereka bertanya; Sebab apa, Apakah sebab kedermawananmu, keadilanmu atau zuhudmu? 

Beliau menjawab; ketika kalian telah meletakkanku didalam kubur dan meninggalkanku seorang diri, datanglah kepadaku dua malaikat yang sangat mengerikan, maka hilanglah ‘akal pikiranku dan sendi-sendiku bergetar karena takut pada keduanya. Kemudian dua malaikat itu memegang dan mendudukkanku karena hendak bertanya kepadaku. Lantas aku mendengar suara tanpa rupa; Tinggalkanlah hamba-Ku dan janganlah kalian menakut-nakutinya karena Aku menyayangi dan mengampuninya sebab di dunia dia menyayangi burung pipit maka di akhirat Aku sayang kepadanya.

HIKAYAT I

Milikilah Rasa Kasih Sayang Walaupun Belum Bisa Melakukan

KiatJitu.com - Hikayah yang lain; Pada zaman Bani Isra’il ada seorang ‘Abid (ahli ‘ibadah) melintasi tumpukan pasir. 


Ketika itu Bani Isra’il dilanda kerisis pangan, maka dia berangan-angan dalam hatinya dan berkata; Seandainya pasir ini menjadi tepung, niscaya aku akan memberi makan orang-orang Bani Isra’il hingga kenyang. 
Kiat jitu: Langkah-langkah Meracik Takaran Kopi Supaya Rasanya Pas dan Nikmat
Lantas Allah Ta’ala menurunkan wahyu kepada salah seorang Nabi dari Nabi-Nabi mereka; Katakan pada si fulan; Sesungguhnya Allah Ta’ala benar-benar menetapkan suatu pahala untukmu atas ucapanmu; Seandainya pasir ini menjadi tepung, niscaya aku akan menshodaqahkannya. 
Mati Syahid Karna Terbunuh Oleh Pedang Allah Ta’ala Yang Maha Pengampun
Sebab barangsiapa yang menyayangi hamba-hamba Allah, maka Allah Taala akan menyayanginya, dan hamba tersebut ketika menyayangi hamba-hamba Allah dengan ucapannya; Seandainya pasir ini menjadi tepung, niscaya aku akan memberi makan orang-orang Bani Israel hingga kenyang, dia telah mendapatkan pahala seperti halnya bila dia benar-benar bersedekah.
Hikmah dan Hikayah Memuliakan Orang Yang Lebih Tua

Dilansir Dari Kitab Usfuriyah


Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information