Siapakah Hamba Yang Paling Buruk di Sisi Allah? Beserta Hikayat

HADITS KE DUA PULUH DELAPAN 

Hamba Yang Paling Buruk Di Sisi Allah

عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ عُمَيْسٍ الْخَثْعَمِيَّةِ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهَا قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ بِئْسَ الْعَبْدُ عَبْدٌ تَخَيَّلَ وَاخْتَالَ وَنَسِيَ الْكَبِيرَ الْمُتَعَالِ بِئْسَ الْعَبْدُ عَبْدٌ تَجَبَّرَ وَاعْتَدَى وَنَسِيَ الْجَبَّارَ الْأَعْلَى بِئْسَ الْعَبْدُ عَبْدٌ سَهَا وَنَسِيَ الْمَقَابِرَ وَالْبِلَى بِئْسَ الْعَبْدُ عَبْدٌ عَتَا وَطَغَى وَنَسِيَ الْمُبْتَدَا وَالْمُنْتَهَى بِئْسَ الْعَبْدُ عَبْدٌ يَخْتَارُ الدُّنْيَا بِالدِّينِ بِئْسَ الْعَبْدُ عَبْدٌ يَخْتَالُ الدِّينَ بِالشُّبُهَاتِ بِئْسَ الْعَبْدُ عَبْدٌ ذُوْ طَمَعٍ يَقُودُهُ إِلَى النَّارِ بِئْسَ الْعَبْدُ عَبْدٌ هَوًى يُضِلُّهُ بِئْسَ الْعَبْدُ عَبْدٌ رَغَبٌ يُذِلُّهُ .

Kiatjitu.com - Dari Asma` binti 'Umais Al Khats'amiyah radliyallahu ‘anha ia berkata; Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda; "Seburuk buruk hamba adalah hamba yang sombong, berbangga diri dan lupa terhadap Dzat yang maha besar dan maha tinggi, seburuk buruk hamba adalah hamba yang diktator dan kejam dan dia lupa terhadap Dzat yang maha perkasa lagi maha tinggi, seburuk buruk hamba adalah hamba yang lupa dan lalai dan lupa akan kuburan dan ujian, seburuk buruk hamba adalah hamba yang melampaui batas dan berlebih lebihan, lupa terhadap adanya permulaan dan kesudahan, seburuk buruk hamba adalah hamba yang mencari dunia dengan mengorbankan agama, seburuk buruk hamba adalah hamba yang mencari agama dengan hal hal yang syubhat, seburuk buruk hamba adalah hamba yang memiliki sifat tamak yang akan menuntunnya ke neraka, seburuk buruk hamba adalah hamba yang dikuasai oleh hawa nafsu yang menyesatkannya dan seburuk buruk hamba adalah hamba yang dikuasai sifat rakus yang menjadikannya hina”.
"Baca juga : Orang Riya' dan Orang Ikhlas Ketika Hari Kiamat Terjadi"

HIKAYAT


Tiga Orang Panglima Yang Ditangkap Oleh Kaisar Romawi Dan Dipenggal Masih Bisa Baca Al-Qur'an

Pada waktu ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz menjabat sebagai Khalifah, dia mengutus pasukan perang ke negeri Rum untuk berperang namun kalah dan sepuluh orang dari mereka di tahan. Kemudian Kaisar Rum memerintahkan salah seorang dari mereka untuk masuk ke dalam Agamanya dan menyembah berhala. 
"Baca juga : Membaca Ayat Kursi Sebanyak 12 Kali Pada Hari Jum'at. Inilah Keutamaannya.."
Kaisar Rum berkata; Apabila engkau masuk ke dalam Agamaku dan bersujud kepada berhala maka aku akan menjadikanmu raja di sebuah negeri yang besar, aku akan memberimu bendera, pakaian kerajaan, gelas emas dan terompet, tapi apabila engkau menolak masuk kedalam Agamaku, aku akan membunuhmu dan akan memenggal lehermu. 

Orang itu berkata; Aku tidak akan menjual Agama dengan dunia. 

Lalu Kaisar Rum memerintahkan untuk membunuhnya. Kemudian dia di bunuh dan di penggal lehernya di tengah alun-alun, lantas kepala orang itu berputar di tangah alun-alun sebanyak tiga kali seraya membaca ayat;


يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ، ارْجِعِي إِلَى رَبِّكِ رَاضِيَةً مَرْضِيَّةً، فَادْخُلِي فِي عِبَادِي، وَادْخُلِي جَنَّتِي

“Wahai orang jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi di ridlai-Nya. Maka masuklah ke dalam jama’ah hamba-hamba-Ku”.(Qs. Al Hijr 27-30).

Kaisar Rum marah besar Kemudian mendatangkan orang yang ke dua dan berkata; Masuklah engkau ke dalam Agamaku, aku akan menjadikanmu raja di negeri itu, bila tidak aku akan memnggal lehermu seperti aku memenggal leher saudaramu. 

Orang ke dua berkata; Aku tidak akan menjual Agama dengan dunia, boleh jadi engkau memiliki kuasa untuk memenggal leherku, namun tidak ada kuasa bagimu untuk memutus imanku. 

Kaisar Rum lalu memerintahkan untuk membunuhnya dan setelah di bunuh, lantas kepala orang kedua itu berputar seperti kepala sahabatnya sebanyak tiga kali seraya membaca ayat;


فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَاضِيَةٍ، فِي جَنَّةٍ عَالِيَةٍ، قُطُوفُهَا دَانِيَةٌ

“Maka orang itu berada dalam kehidupan yang di ridlai, dalam surga yang tinggi, buah-buahannya dekat”.(Qs. Al Haaqqah 21-23). Kemudian berhenti di samping kepala orang yang pertama.
"Baca Juga : Berbuat Baik Kepada Orang Lain dan Hikayat Seekor kuda Perang"
Kaisar Rum makin marah lalu memerintahkan untuk mendatangkan orang ketiga dan berkata; Apa yang engkau katakan? Apakah engkau akan masuk ke dalam Agamaku dan aku akan menjadikanmu sebagai raja?. 

Celakalah orang ke tiga ini, dia berkata; Aku akan masuk ke dalam Agamamu dan aku akan memilih dunia daripada akhirat. 

Kaisar Rum berkata kepada patihnya; Catat dia sebagai pahlawan, beri dia pakaian kerajaan, gelas emas dan bendera. 

Patih berkata; Wahai raja! Mana mungkin aku akan memberinya begitu saja tanpa membuktikan ucapannya terlebih dahulu. 
Patih melanjutkan, katakan kepadanya; Jika ucapanmu benar-benar dapat dipercaya, bunuhlah salah seorang dari sahabatmu hingga aku dapat mempercayaimu. 

Kemudian orang yang terlaknat dan hina mendatangkan salah seorang dari sahabatnya, lantas orang ke tiga membunuh sahabatnya sendiri. Lalu Kaisar Rum memerintahkan kepada patihnya untuk mencatatnya sebagai pahlawan. 

Patih berkata; Wahai raja! Sungguh ini tidak masuk akal, dan sangat tidak bijak apabila tuan raja mempercayai ucapan orang yang tidak menjaga hak saudaranya yang selama ini lahir dan hidup bersama, sebab bagaimana mungkin dia akan menjaga hak kita?
"Baca Juga : Hikayat Hasan Al-Bashri"
Kaisar Rum berakata; Bunuh dia! Kamudian dia di bunuh dan di penggal lehernya, lantas kepalanya menggelinding berputar di tangah alun-alun sebanyak tiga kali seraya membaca ayat;

أَفَمَنْ حَقَّ عَلَيْهِ كَلِمَةُ الْعَذَابِ أَفَأَنْتَ تُنْقِذُ مَنْ فِي النَّارِ

“Apakah (kamu hendak merobah nasib) orang-orang yang telah pasti ketentuan adzab atasnya? Apakah kamu akan menyelamatkan orang yang berada dalam api neraka?”.(Qs. Az Zumar 19). 

Lalu berhenti di pinggir alun-alun berpisah dengan kepala orang pertama dan ke dua dan akhirnya orang ke tiga itu berada dalam ‘adzab Allah ta’ala. Na’udzu billah.


kiat jitu  Kalian Adalah Para Saksi Allah di Muka Bumi www.kiatjitu.com

Dilansiri dari kitab Usfuriyah

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments