Buah Ketaqwaan Baik di Dunia Dan Akhirat

Hikmah dari Ketaqwaan di Dunia dan Akhirat

Kiatjitu.com - Dengan ketaqwaan yang berada di dalam hati, seseorang bisa dengan mudah menjalani kehidupan sehari-hari, ketaqwaan itu sendiri bukanlah sebuah ancaman atau halangan bagi seseorang untuk maju dan berkarya. 

justru ketaqwaan itu sendiri adalah sebuah momentum yang bagus bagi seseorang yang ingin maju dan berkembang dengan sebuah metode yang selamat dan menyelamatkan. 
"Baca juga : Persaudaraan Sahabat Abu Bakar Umar, Utsman dan Ali"
Akhir-akhir ini banyak orang berpendapat bahwa dengan kepatuhan terhadap norma-norma agama akan menghambat seseorang untuk maju dan berkembang, untuk sukses dan mapan. 

Justru pendapat ini sangatlah tidak benar adanya bahkan bisa pula dikatakan sesat. Karena pendapat yang demikian itu tidak lain adalah pendapat orang yang tidak percaya akan adanya kekuatan dari yang Maha Ghaib yang bisa merubah seluruh tatanan alam. 

Pendapat yang semacam itu hanyalah pendapat orang-orang yang lebih menuhankan materi daripada menuhankan Dzat yang wajib dituhannkan.

Allah sebagai Tuhan seluruh alam telah memerintahkan kepada hamba-hambanya untuk bertaqwa kepadanya. Dan sudah pasti adanya bahwa Perintah ketaqwaan dari Allah akan membuahkan hasil yang positif bagi diri hamba itu sendiri dan juga bagi orang lain. 

Orang yang bertaqwa sudah dijamin oleh Allah akan memperoleh Dua kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

"Baca juga : Ahlak Ibrahim bin Ad-ham Ketika Di Pukuli Oleh Budak Yang Dimerdekakannya"

Apa saja Bentuk dua kebahagiaan tersebut? 

Pertama, Kebahagiaan di Dunia

Adapun kebahagiaan yang didapat seorang yang bertaqwa di dunia adalah kemuliaan harga diri, bagusnya panggilan untuknya dan juga memiliki sebutan yang baik di mata masyarakat sehingga masyarakat tidak semena-mena dalam memperlakukannya, memperoleh sanjungan dan dicintai masyarakat, hal ini dikarenakan orang yang memiliki ketaqwaan akan diagungkan oleh orang-orang awam dan akan ditakuti oleh para orang-orang pembesar dan para pejabat, dan orang-orang yang memiliki wawasan luas akan menilai bahwa orang yang memiliki hati yang bertaqwa lebih utama dalam kebijakan dan kebaikan
"Baca juga : Hikayat Hasan Al Bashri dan Anak Kecil Pengantar Jenazah"

Kedua, kebahagiaan di Akhirat

Adapun yang didapat seorang yang bertaqwa di akhirat adalah orang yang memiliki hati yang bertaqwa akan selamat dari siksa api neraka, dan bergembira dengan masuknya ke dalam surga, karena di akhirat tidak ada tempat lain selain neraka dan akhirat, kalau tidak ke surga sudah pasti di neraka, begitu juga sebaliknya.

Cukuplah bagi orang-orang yang bertaqwa kemuliaan dirinya sendiri (tidak butuh dimulyakan atau mencari kemuliaan dari yang orang lain supaya orang lain mau memuliakannya). 

Sesungguhnya Allah memberikan sebuah apresiasi yang bagus kepada orang-orang yang bertaqwa sehingga Allah berfirman dalam al-Qur'an yang terdapat dalam surat an-Nahl ayat 128: 


إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُونَ

"Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan"
"baca juga : 3 point utama penyebab ketaqwaan"

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information