Berbuat Baik Kepada Orang Lain dan Hikayat Seekor kuda Perang

HADITS KE DUA PULUH SATU

Berbuatlah Baik dan Gembirakan Orang Lain


عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا اَنَّهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَدْخَلَ عَلَى قَلْبِ أَخِيْهِ الْمُسْلِمُ فَرَحًا وَسُرُورًا فِي دَارِ الدُّنْيَا خَلَقَ اللَّهُ تَعَالَى مَلَكًا يَدْفَعُ عَنْهُ الْآفَاتِ فَإِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ جَاءَ مَعَهُ قَرِيْنًا فَإِذَا مَرَّ بِهِ هَوْلٌ يَفْزَعُهُ قَالَ لَا تَخَفْ فَيَقُوْلُ مَنْ أَنْتَ فَيَقُوْلُ أَنَا الْفَرَحُ وَالسُّرُوْرُ الَّذِي أَدْخَلْتَهُ عَلَى أَخِيْكَ الْمُسْلِمُ فِي دَارِ الدُّنْيَا

Dari Ibnu ‘Abbas Radliyallahu ‘anhuma ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda; “Barangsiapa yang memberikan kebahagiaan dan kegembiraan di hati saudaranya yang muslim di dunia maka Allah Taala akan menciptakannya malaikat yang bertugas menolak bala’ musibah darinya, apabila hari kiamat telah terjadi, ia akan datang sebagai teman karibnya, hingga apabila terjadi sesuatu yang mengerikan, ia akan berkata; Jangan takut! Kemudian orang itu bertanya; Siapa kamu? Ia menjawab; Aku adalah kebahagiaan dan kegembiraan yang engkau berikan kepada saudaramu yang muslim dulu di dunia”.

وَفِي حَدِيْثٍ آخَرَ عَنِ النَّبِيِّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ ذَكَرَ لَفْظًا آخَرَ : إِدْخَالُ السُّرُوْرِ فِي قَلْبِ مُؤْمِنٍ خَيْرٌ مِنْ عِبَادَةِ سِتِّيْنَ سَنَةً

Di dalam hadits yang lain dari Nabi ‘alaihishshalatu wassalam beliau bersabda; “Memberi kebahagiaan di hati seorang mukmin, lebih daripada ‘ibadah 60 tahun”.

HIKAYAH

Kuda Perang Yang Tak Mau Tunduk Pada Sang Majikan Yang Kafir

KiatJitu.com - Pada suatu hari ‘Abdullah bin Al Mubarak melihat seekor kuda yang di jual di pasar dengan harga 40 dirham. 

Abdullah bin Al Mubarak berkata; Betapa murahnya harga kuda ini?. Dikatakan kepadanya; Kuda ini memiliki beberapa ‘aib. Aibnya apa? tanya ‘Abdullah bin Al Mubarak. 

Pemilik kuda menjawab; Kuda ini tidak dapat berlari kencang di belakang musuh, jika di depan ia akan berhenti hingga musuh dapat mengejarnya dan banyak meringkik di tempat yang seharusnya diam. 
"Baca juga :Malu Karna dan Kepada Allah dan Hikayat Seorang Wanita"
Abdullah bin Al Mubarak berkata; Ini adalah kuda yang mahal. Lantas dia pergi. Lalu  kuda itu di beli oleh murid Abdullah bin Al Mubarak. Ketika pertempuran terjadi, sang murid ikut tampil dan memacu kudanya dengan sangat bagus. 

Kemudian Abdullah bin Al Mubarak bertanya kepada muridnya; Apakah engkau telah mencoba ‘aib kuda itu? 

Sang murid menjawab; Ya, keadaannya persis seperti yang di katakan oleh orang-orang, namun setelah aku membelinya, aku berkata di telinga kuda itu; Wahai kuda! Sesungguhnya aku telah meninggalkan perbuatan dosa, aku telah bertaubat dan kembali kepada Allah Ta’ala, maka hendaknya engkau juga meninggalakan ‘aib yang ada pada dirimu. 

Lantas kuda itu mengerakkan kapalanya sebanyak tiga kali, ia menjawab dengan rasa bahagia sebab aku telah meninggalkan perbuatan dosa, lalu aku mengerti bahwa ‘aib itu berasal dari pemilik kuda, bukan dari kuda itu sendiri, karena kuda orang-orang kafir akan mengutuk pemiliknya hingga dia turun dari atas punggungnya, begitu pula dengan orang dzalim, karena Allah Ta’ala berfirman; Ingatlah! Kutukan Allah atas orang-orang yang dzalim. (Qs. Hud 18). 
"Baca juga: Pertolongan Allah Selalu Ada (Pertempuran Jin Musfir Vs Jin Muhair)"
Ketika Sang Maha Kuasa mengutuknya, maka seluruh makhluq akan ikut mengutuknya, kudapun seperti itu, ia akan mengutuk pemiliknya jika dia adalah orang kafir, dzalim, munafiq atau orang yang sombong hingga dia turun dari atas punggungnya.

Dengan demikian dapat di ketahui bahwa binatang akan merasa bahagia dan patuh terhadap pemiliknya sebab kebahagiaan tersebut, dan kebahagiaan itu sendiri kelak di hari kiamat akan datang dengan berupa jisim yang akan memegang dan menuntun pemiliknya ke surga.
Menuju Allah Dengan senantiasa Mawas Diri

Dilansir dari Kitab Usfuriyah



Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information