4 Perkara yang Membuat Islam Seseorang Menjadi Sempurna

HADITS KE TIGA PULUH EMPAT 

Kesempurnaan Islam Seseorang Ada Pada 4 Perkara

عَنْ عَلِيِّ بْنِ الْحُسَيْنِ عَنْ جَدِّهِ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَرْبَعُ خِصَالٍ مَنْ كُنَّ فِيْهِ كَمُلَ إِسْلَامُهُ وَلَوْ كَانَ مِنْ قَرْنِهِ إِلَى قَدَمِهِ خَطَايَا: اَلصِّدْقُ وَالشُّكْرُ وَالْحَيَاءُ وَحُسْنُ الْخُلُقِ

Dari ‘Aly bin Husain dari kakeknya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda; “Ada empat perkara yang apabila itu berada pada diri seseorang maka sempurnalah Islamnya yaitu; Jujur, bersyukur, malu dan berbaik sangka”.
Siapakah Hamba Yang Paling Buruk di Sisi Allah? Beserta Hikayat

HIKAYAT

Seseorang Mendapatkan Derajat Yang Mulia

Kiatjitu.com - Ja’far bin Thayyar radliyallahu ‘anhu selama hidupnya tidak pernah berbohong dan berkat kejujuarannya, ketika terjadi peperangan Allah Ta’ala menciptakan untuknya dua sayap berwarna hijau yang di hiasi dengan intan permata, dan dengan dua sayap itu dia terbang bersama dengan para malaikat. 

Kemudian pada suatu hari Nabi ‘alaihishalatu wassalam bertanya kepadanya; Wahai Ja’far bin Thayyar! Wahai putera Abu Thalib! ‘Amal apakah kiranya yang mengantarkanmu mencapai derajat mulia ini? 

Ja’far bin Thayyar menjawab; Aku tidak tahu, hanya saja aku mencegah dari tiga perkara baik di saat aku kafir maupun setelah aku masuk Islam. 

Nabi ‘alaihishalatu wassalam bertanya; Apakah itu? 

Ja’far menjawab; Aku tidak pernah berbohong, tidak pernah berzina dan tidak pernah minum khamr sejak kafir hingga masuk Islam. 

Nabi ‘alaihishalatu wassalam besabda; Semua itu adalah haram dalam Islam. Lalu Dengan dasar apa kamu mencegah dirimu dari tiga macam perbuatan tersebut di saat kafir? 

Cerita Aneh Yang Dialami Abdullah bin Al Mubarak tentang Kedermawanan 
Ja’far menjawab; Aku berfikir tentang pembicaraan bahwa barangsiapa yang berbohong dalam pembicaraannya maka ia akan di duga jelek di antara para makhluq dan ian akan merasa malu, karena itu aku mencegah diriku dari berbohong baik di saat kafir maupun setelah Islam, aku berfikir tentang perzinahan bahwa barangsiapa yang berzina dengan isteriku, anakku atau saudaraku maka perbuatan itu akan menjadi suatu ‘aib yang tidak mampu aku menanggungnya dan aku tidak mau membebankan hal itu pada orang lain, karena itulah aku mencegahnya, dan aku mencegah diriku dari minum minuman keras karena aku berfikir bahwa setiap manusia menginginkan akal pikirannya semakin cerdas di atas akal pikiran orang lain, namun apabila seseorang telah minum minuman keras dan mabuk maka akal pikirannya akan hilang, berbicara ngelantur dan orang-orang akan menertawakannya, karena itu aku mencegah diriku dari minum minuman keras. 

Lantas datanglah malaikat Jibril ‘alaihissalam dan berkata; Ja’far benar, Allah Ta’ala menciptakan dua sayap untuknya karena dia mencegah diri dari tiga perkara ini.
Kalian Adalah Para Saksi Allah di Muka Bumi  
Rahasia Hari Jum'at dan Misterinya

Dilansir dari kitab Usfuriyah


Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments

Cookie

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami clicking on more information