PENTOL BAKAR ALA CAK NOEN

Membuat Pentol Bakar Yang Nikmat ala cak Noen



Pentol Bakar ala cak Noen - Hai gan, jumpa lagi dengan saya di Kiatjitu.com, kali ini saya akan membagikan kiat yang jitu cara membuat pentol enak dan nikmat ala cak Noen perak Jombang.

PENTOL BAKAR ALA CAK NOEN

Jualan pentol kayaknya bisa dilirik nih oleh para pebisnis yang masih dalam tahap mencari bisnis yang tepat untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, selain modalnya gak begitu besar, pentol juga banyak disukai oleh orang-orang mulai dari kalangan anak-anak, sampai yang dewasa, terutama ibu-ibu yang suka nyemil, paling suka kalo makan pentol hehehehe


Oia gan,... sebelumnya kita bahas apa itu pentol, lebih baiknya  kita definisikan dulu pentol itu apa ya... karna sebutan pentol di tiap daerah beda-beda loo gan, ada yang cilok, ada yang cilot, ada somay, bakso dan lain-lain, pokoknya macem-macemlah nama sebutannya. cuma ahkirnya ada definisi khusus yang disandang oleh bakso karna ada kandungan yang dilebihkan sedikit daripada yang lain, padahal ni... cara bikinnya sama aja... aneh kan?? wkwkwk 


Definisi pentol menurut para pakar



Kalo menurut Wikipedia, pentol adalah sebutan untuk jajanan tradisional serupa seperti bakso namun kandungan dagingnya lebih sedikit, terkadang pentol hanya terbuat dari tepung kanji. bisa dicek di sini Pentol 


Kalo menurut Kompasiana pentol adalah sebutan untuk sejenis bakso yang komposisi dagingnya lebih sedikit dari pada bakso, bahkan kadang hanya tepung kanji saja. bisa dicek di sini Makanan Rakyat Bernama Pentol

Kalau dilihat dari kedua definisi di atas, ada sedikit perbedaan pentol sama bakso, meskipun dalam pembuatannya sama saja.. hehehe



Ok gan, langsung saja kita ke pembahasan pembuatan pentol sate ala cak Noen. 



Apa saja komposisi dari Pentol bakar ala cak Noen? 

Pertama, 

Siapkan satu kilo setengah (1½ KG)  tepung kanji, dan setengah kilo (½ KG) tepung sagu atau tepung aren

Kedua, 

Siapkan daging ayam sebanyak dua kilo (2 KG)

Ketiga, 

Siapkan daging (¼) kurat (daging yang keras yang berbentuk urat)

Keempat, 

Bawang putih secukupnya

Kelima, 

Bawang pre secukupnya

Keenam, 

Penyedap rasa secukupnya 

Setelah semua komplit dan Ok, langsung aja gan meluncur ke tukang selep (tempat penyelepan) pentol, jangan salah tukang selep padi hahaha


Oia gan, dari bahan2 yang telah saya sebutkan di atas, nanti kalau dah jadi pentol, pentolnya akan agan dapatkan sebanyak 260-280 sebesar jempol jari orang dewasa, adanya perbedaan jumlah banyaknya pentol itu tergantung dari kadar air yang ada di dalam pentol, kalau waktu nyelep kekurangan es, maka pentol akan keras dan sulit untuk di cetak, kalau terlalu encer juga gak enak, jadi yang sedang2 saja gan.. karyawan selep udah hafal banget tu berapa kadarnya, enak tidaknya pentol yang akan jadi pun, pak tukang selep juga tau, kan semua tergantung berapa banyak daging yang ikut di selep pada waktu itu...


Kalau nanti udah mateng pentolnya, agan boleh coba dah, gimana rasanya pentol masterpiss dari agan, enak enggak...? hehehehe



Rasa pentol enak atau tidaknya, banyak faktor yang mempengaruhi gan, bisa karna bumbunya tidak pas, yang nantinya bisa sangat asin, atau tidak ada rasanya karna lupa gak pake garam hehehe...



Tapi pastinya, nikmat tidaknya pentol tergantung bahan bahannya gan, banyak tidaknya daging itu sangat berpengaruh bagi kenikmatan pentol itu sendiri. tapi kalau menurut saya yang sudah jadi langganan pentol cak Noen dari dulu, pentol karya cak Noen tidak kalah nikmatnya sama pentol bakso, karna apa? karna cak Noen dalam memasarkan produknya selalu mengutamakan kwalitas bukan kuantitas, jadi menurut saya pentol cak Noen ini layak di jual di restoran atau hotel sebagai makanan camilan bagi restoran atau hotel.



Informasi di atas hanya pada tahapan pembuatan pentolnya gan, belum cara pembakaran pentol laksana sate.

cara membuat PENTOL BAKAR  ala cak noen
Gambar di atas adalah pentol milik cak Noen yang sudah dikemaskan untuk dipasarkan, dan belum dibakar di atas tumpukan arang.

Saya kira cukup sekian dulu dari saya gan, semoga ada manfaatnya, dan agan jadi juragan pentol, hehehehe
Untuk tehnik membakar pentol, bisa agan liat di sini Pentol Bakar dan Cara Membakarnya Ala Cak Noen


Bagi yang ingin memesan pentol bakar atau pentol sate atau bisa disebut juga sate pentol, bisa menghubungi langsung di nomer hapenya yang ada di gambar atas, atau bagi berminat ingin belajar langsung dan berguru langsung kepada cak Noen, silahkan aja agan hubungin nomer tersebut di atas... 



Yuuuk pantau terus dan tetep stay tune di www.kiatjitu.com




cara membuat pentol bakar ala cak noen
Hasil dari pentol bakar ala cak Noen, Soal rasa jangan ditanya, soal rasa peddasnya mak nyuuuus bangeeet

cara membuat pentol bakar ala cak noen
Pentol bakar pesanan orang-orang kantoran

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments