PENTOL BAKAR DAN CARA MEMBAKARNYA ALA CAK NOEN

Pembakaran Pentol Bakar yang Tepat Supaya Nikmat


Hai gan, kali ini kiatjitu.com akan menyajikan artikel yang berjudul Pentol Bakar dan Cara Membakarnya  sehingga kita bisa tau tentang cara bagaimana membakar pentol ala cak Noen Perak yang pentolnya terkenal menggigit di lidah dan pedesnya yang bikin amboooy di mulut.

Oia gan, bagi yang belum kenal cak Noen dan ingin kenalan sama cak Noen bisa langsung saja hubungi nomer yang ada di gambar ini:
 PENTOL BAKAR DAN CARA MEMBAKARNYA ALA CAK NOEN www.kiatjitu.com

Ok, langsung saja kita ke pembahasan di TKP...

Bagi yang belum tau tehnik awal pembuatan pentol ala cak Noen, bisa dilihat di sini Pentol Bakar ala Cak Noen

Penting di ketahui ni gan, membakar pentol ala cak noen ini beda lo dengan cara pembakaran sate pada umumnya, karena di dalam pembakaran pentol ini ada tekhnik khusus supaya pentol jadi gurih.

Rasa bumbu melekat dan kekenyalan pentol sedikit berbeda dengan pentol yang tanpa di bakar, karena dengan tehnik pembakaran maka lemak yang ada di pentol akan menjadi garing dan kering karena terkena pengasapan panas dari arang.


yang perlu dipersiapkan untuk membakar pentol adalah:

  1. Arang dan tempatnya
  2. Kecap
  3. Saos
  4. Sambel yang sudah di gerus

Ok, Inilah cara pembakarannya : 

Pertama, 

Setelah pentol sudah matang dan sudah di tusuk dengan tusuk sate, langsung saja nyalakan arang yang sudah agan persiapkan sebelumnya. 

Setalah arang sudah membara perapiannya itu artinya pentol siap di taruh di atasnya


Kedua, 


Baluri pentol dengan kecap, kecap disini adalah kecap yang agan siapkan (kalau punya cak Noen, kecapnya itu kecap yang bentuknya cair, bukan yang masih kental, karena kecap itu memang di persiapkan untuk membaluri pentol, kecap tersebut di beri campuran kaldu, supaya kelezatan pentol bertambah nikmat ketika dimakan)

PENTOL BAKAR DAN CARA MEMBAKARNYA ALA CAK NOEN www.kiatjitu.com
setelah pembaluran kecap yang pertama lalu di baluri saos

Ketiga, 

Setelah pentol di taruh di perapian sate, bolak baliklah pentol tersebut sekira pentol tersebut tidak gosong separuh, kan berabe kalo gosong separuh. hehehe



Keempat, 


Sekira udah setengah kering pentol dan kecak yang di balurkan tadi, maka angkatlah pentol tersebut, dan baluri dengan saos, disini fungsinya adalah supaya pentol dan rasa saos menyatu dengan pentol, jadi nantinya setelah matang tidak usah pake saos

PENTOL BAKAR DAN CARA MEMBAKARNYA ALA CAK NOEN www.kiatjitu.com
pembaluran saos kedua setelah di baluri kecap kedua

Kelima, 

Sekira udah setengah kering pentol yang di luluri saos, angkat lagi pentol tersebut, dan luluri kembali dengan kecap kaldu itu kembali


Keenam, 


Angkat kebali pentol tersebut dan baluri lagi dengan saos itu kembali. jadi dalam hal ini, membaluri pentol dengan kecap dua kali, membaluri dengan saos juga dua kali. 


PENTOL BAKAR DAN CARA MEMBAKARNYA ALA CAK NOEN www.kiatjitu.com
inilah bentuk jadinya setelah semua proses sudah dilakukan

Bay the way, untuk yang suka dengan selera pedas, maka campurkanlah cabe yang telah digerus tersebut kedalam saos, untuk soas beda dengan kecak, kalau kecap tidak kental, kalau saos tetep seperti awal belinya, tidak di tambahi apa, cuma saja kalau memang suka dengan selera pedas bisa di tambah cabe pada soasnya.

Sekian dulu dari saya, dan SELAMAT BERKARYA

Artikel Terkait:

Silahkan berikan komentar Anda terkait dengan isi artikel di atas, komentar sopan dan tidak meninggalkan spam. Terima kasih

Disqus Comments