Manfaat Bangle sebagai Tanaman Berkhasiat Obat - Kiat Jitu >

Manfaat Bangle sebagai Tanaman Berkhasiat Obat

Tanaman bangle merupakan herba yang berumur tahunan. batangnya tumbuh tegak dan memiliki rumpun yang rapat. 

Tingginya dapat, mencapai 1.2-1.8 meter. Bangle atau nama ilmiahnya Zingiber cassumunar dan zingiber purpureum Roxb ini mempunyai nama daerah panglai (Sunda), bale, (Makasar), pandhiang (Madura), kunik bolai (Minang), bungle (Batak), mungle (Aceh), panini (Bugis), dan unin makei (Ambon).

Bangle digunakan untuk jamu atau obat tradisional, meskipun berbau cukup sengak, namun tidak sedikit orang yang membudidayakannya dan menjualnya dipasaran karena khasiatnya. 

Adapun khasiat bangle untuk kesehatan antara lain sebagai berikut :

Manfaat Bangle sebagai Tanaman Berkhasiat Obat

Borok atau luka lama yang sulit sembuh

Rimpang bangle dicuci hingga bersih dan dikupas kulitnya. Tumbuk atau parut lalu jadikan tapal, taruh dibagian yang akan diobati. Bebat dengan pembalut agar tapalnya tidak bergeser.

Obat kejang pada anak

Akar bangle bersama cengkeh dikunyah-kunyah, kemudian dibalurkan pada perut penderita.

Luka memar atau sakit akibat pukulan

Rimpang bangle ditumbuk, lalu dicampur dengan sedikit arak, balurkan pada memar.

Perawatan wanita yang baru melahirkan

Rimpang bangle dibersihkan, lalu dikupas atau ditumbuk. Bentuk seperti tapal dan tempelkan pada perut wanita yang baru melahirkan agar perut menciut atau kembali seperti semula. 

Membersihkan darah sehabis melahirkan

Untuk pembersih darah wanita dan menghentikan keluarnya darah, rimpang bangle ditumbuk bersama jaringao (dringo). Peras dan ambil airnya. 

Tambahkan sedikit cuka lalu diminum. Wanita yang demam sehabis melahirkan dapat dikompres tubuhnya dengan tumbukan rimpang bangle.

Melangsingkan Tubuh

Rimpang bangle sebesar jari telunjuk dicampur 7 lembar daun jati belanda (Guazuma ulmifolia) direbus dengan segelas air hingga tersisa setengahnya. 

Kemudian diminum ketika sedang hangat-hangat kuku. Untuk wanita, rebusan rimpang bangle bersama daun pohon madu (Guazuma tometosa) diminum setiap hari selama 1 bulan.

Memulihkan penglihatan yang kurang terang

Rimpang bangle dan rimpang kunyit sebesar jari manis, ditambahkan 13 biji jintan hitam, dan direbus dengan segelas air tinggal tersisa setengah gelas. Saring dan dinginkan terlebih dahulu sebelum diminum.

Mengobati Hepatitis

Siapkan rimpang bengle sebesar setengah jari. Bersihkan rimpang ini, lalu diparut. Tambahkan air masak dan madu masing-masing 1 sendok makan. 

Peras dan saring terlebih dahulu sebelum diminum. Lakukan 2 kali sehari.

Khasiat lain

Air seduhan rimpang bangle dapat digunakan sebagai antidotum, mengobati demam, dan gangguan perut. 

Rimpang yang diparut dan diambil airnya berguna untuk obat cacing, menenangkan anak kecil yang rewel, dan merangsang keluarnmya gas diperut (karminatif). 

Minyak asiri bangle dapat digunakan untuk keperluan aromatikum. Korogrn odoris, dan odoransia. Di India bangle digunakan untuk mengobati mencret, perut mulas, atau peluruh kentut. 

Di Indicina, rimpang bangle digunakan sebagai penawar racun, namun bukan untuk penawar bisa ular. 

Di Malaysia, rebusan bangle dicampur dengan merica diminum untuk mengobati sakit perut. Rimpang bangle juga dapat untuk memulihkan kondisi wanita yang baru melahirkan.

Semoga bermanfaat, salam Kiat Jitu

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Manfaat Bangle sebagai Tanaman Berkhasiat Obat"

Post a Comment

Silahkan berkomentar apa saja, tapi tetap dalam koridor kesopanan